Informasi ZIS :

( 0271 ) 714633

Pengukuhan LAZIS JATENG sebagai LAZ Provinsi 2017

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /var/www/vhosts/lazisjateng.or.id/httpdocs/templates/lazis2i/functions.php on line 194

KARANGWUNI DESA YANG TERBELAH

Desa Karangwuni tepatnya Dusun Walikukun merupakan perbatasan bagian selatan Kabupaten Sukoharjo dengan kabupaten Wonogiri,terdapat 100KK, jika diasumsikan 1 KK 4 orang dengan bapak ibu dan 2 anak, maka ada sekitar 400 orang yang tinggal di dusun tersebut.

Penduduk Dusun Walikukun rata-rata berpencaharian petani, menanam padi, jagung, ketela dan sayur-sayuran yang biasa dijual dipasaran. Tahun 2016 dalam sensus ekonomi Dusun Walikukun Desa Karangwuni dikategorikan dengan desa rawan miskin, yang berarti masyarakat rata-rata belum bisa memenuhi kebutuhan secara cukup dan berpotensi kekurangan. Memang terlihat di saat survei pada tanggal 14 Agustus 2017, rumah penduduk Dusun Walikukun rata-rata terbuat dari anyaman bambu dan papan kayu yang diperoleh dari lingkungan sekitar.
Insfratruktur pun juga belum memadai, seperti jalan yang masih banyak berlubang dan rusak, dikarenakan belum adanya dana untuk memperbaiki.

Fasilitas umum seperti masjid juga baru dirasakan beberapa bulan kemarin. Di saat wawancara dengan kepala takmir, ia menyebutkan bahwa dusun tersebut hanya memiliki 1 masjid, yang alhamdulillah selesai dibangun saat bulan ramadhan kemarin, itupun masih belum sempurna tahap pembangunanya. Dalam proses pembangunan masjid dikarenakan kegelisahan masyarakat, di saat ingin beribadah harus menyebarang ke dusun sebelah yang jaraknya jauh dari pemukiman mereka. Dan timbulah ide untuk membangun masjid sendiri, alhasil dana untuk pembangunan masjid dilakukan secara mandiri dan gotong royong dengan masyarakat sekitar.

Desa Karangwuni terbelah dengan adanya sungai di tengah desa, satu-satunya dusun yang terbelah sungai tersebut dari jalan utama desa ialah Dusun Walikukun. Untuk sampai ke Dusun Walikukun harus melewati jembatan penghubung, namun ternyata jembatan tersebut tidak memadai, padahal menjadi akses utama ke jalan desa. jembatan tersebut hanya terbuat dari anyaman bambu dan kayu yang tidak kuat. Di saat dilewati beberapa orang terasa tergoyang-goyang. Jembatan tersebut hanya muat dilewati motor, itupun harus didorong karena berbahaya jika berkendara diatas jembatan. Tim survei pada kesempatan survei kemarin menggunakan mobil ambulance, namun terhenti di bibir jembatan dikarenakan tidak muatnya jembatan diakses mobil.

Masyarakat Dusun Walikukun walaupun dengan keadaan ekonomi yang tergolong menengah kebawah dan insfratruktur yang belum memadai, tidak mengurangi tingkat pemahaman agama mereka. Itu terbukti disaat kebetulan tim survei datang di saat adzan asar, kemudian pergi ke masjid untuk menunaikan kewajiban, hal yang luar biasa terlihat didusun itu, masyarakat begitu mencintai agamanya sehingga berduyun-duyun untuk menunaikan kewajibannya.

Di saat pemahaman agama mereka kuat, paham dalil dan juga bagaimana melaksanakanya, ternyata tidak cukup untuk menjalankan ibadah kurban yang akan segera kita hadapi sesaat lagi. Pak takmir menyebutkan bahwa tahun lalu didusun dengan 100 KK tersebut hanya ada 3 kambing kurban, itupun hasil dari arisan tiap tahun oleh penduduk sekitar. Jadi tidak ada yang berkurban secara individu maupun kelompok. Ketika ditanya apakah tahun ini sudah ada yang berkurban, beliau menjawab belum ada dan mungkin hanya 3 kambing dari hasil arisan tersebut. 
Kita sebagai masyarakat sudah selayaknya dan kewajiban untuk membantu sesama muslim, sehingga mereka yang di pelosok daerah dan kekurangan bisa merasakan kebahagiaan berkurban sebagaimana yang dirasakan kaum muslimin lainya. (Ag)

 Dari Laporan Survei Sasaran Kurban oleh Tim Relawan Lazis

REKENING LAZIS JATENG SOLO
Bank Mega Bank Mandiri
1360077447768
Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah

Bank Syariah Mandiri Bank Syariah Mandiri
7007954004
Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah

Bank Jateng Syariah Bank Jateng Syariah
5033000752
Lazis Jateng

BNI Syariah Bank BNI Syariah
4260004270
Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah

BTN Syariah Bank BTN Syariah
7283000362
Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jateng

Bank Mega Bank Mega
010330020114422
Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah

Hari Ini 8

Kemarin 22

Pekan Ini 69

Bulan Ini 201

Total 261085